Rinci Narasi Deskripsi Proyek |
ยท Tujuan proyek ini adalah untuk mengelola aktivitas jaringan Sanitasi Jambore Nasional 2013; untuk mengelola aktivitas jaringan Indonesia Sanitasi Gerakan Peduli, untuk mempublikasikan program pemerintah di bidang sanitasi, untuk mensosialisasikan metode atau teknologi menengah di bidang sanitasi lebih mudah untuk menerapkan dalam komunitas mereka sendiri, untuk memahami pembentukan pendapat dan penciptaan masyarakat yang lebih baik, terutama yang mengarah ke perubahan perilaku dari awal |
Uraian Layanan Aktual Disediakan |
– Memfasilitasi pemilihan Sanitasi Duta yang akan diadakan oleh Unit Kerja PLP Pembangunan Provinsi.
– Siapkan pelaksanaan Sanitasi Jambore sebagai Gerakan Masyarakat (Community Outreach). – Siapkan pelaksanaan Gerakan Indonesia Sanitasi Perawatan – Melaksanakan monitoring dan evaluasi kegiatan duta sanitasi pasca Jambore 2012 dan 2013. – Publikasi – Dokumentasi |
Kategori: Training
Penyelenggara Acara/ Event Organizer Pembekalan Fasilitator Ketangguhan Masyarakat Tahun Anggaran 2015
Rinci Narasi Deskripsi Proyek |
Tujuan proyek ini adalah untuk melakukan tanggung jawab publik dalam bentuk materi pengarahan manajer kegiatan, pengarahan bahan untuk fasilitator, kemampuan fasilitasi dan bahan pengajaran bagi penduduk desa di setiap desa |
Uraian Layanan Aktual Disediakan |
– Persiapan dan koordinasi;
– Dalam rangka membangun dan mengkonsolidasikan pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan Kerangka Acuan; – Persiapan Pelaksanaan; – Pelaksanaan Komunitas Keandalan Pengadaan; – Menerapkan penyediaan ketahanan masyarakat di Jabodetabek, yang dihadiri oleh para pejabat dalam Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), pelatih fasilitator, fasilitator dipilih dari masing-masing Kabupaten / District, Activity Bertanggung Jawab, Bertanggung Jawab Kegiatan Operasional (PJOK) dan Asisten Belanja Bendahara (BPP bahan) untuk diberikan, pengarahan dalam pelaksanaan fasilitasi di lapangan; – Penyusunan laporan dan dokumentasi pelaksanaan kegiatan. |
Logistik Service Provider untuk Pengembangan Laporan Diagnostik, Instrumen Literasi Membaca, Instrumen Literasi Sosial Budaya, Validasi Instrumen Literasi Membaca dan Validasi Instrumen Literasi Sosial Budaya
– Melakukan koordinasi dengan Tim Teknis Kegiatan
– Memastikan peserta Bintek menggunakan aplikasi event management dan budget management yang ditetapkan oleh PMU
– Menyelenggarakan seluruh tahapan Bintek mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan dan pelaporan
– Menyediakan kelengkapan pendukung untuk pelaksanaan Bintek
– Menyediakan tools evaluasi penilaian untuk mengetahui tingkat keberhasilan Bintek
– Menganalisa proses dan hasil pelaksanaan Bintek dan memberikan rekomendasi atas pelaksanaannya untuk kegiatan Peningkatan Kapasitas tahun anggaran selanjutnya.
– Membuat pemberkasan laporan keuangan dan laporan teknis akademis hasil kegiatan..
Logistik Service Provider untuk Bimbingan Teknis Penerapan EDM dan ERKAM bagi Tim Inti Madrasah di DKI Jakarta dan Banten
EDM dan ERKAM merupakan salah satu program kemenag yang digunakan untuk mengetahui keberadaan
dan kualitas madrasah, rencana kerja dan penggunaan anggaran yang dilaksanakan oleh madrasah
secara online. Diharapkan dengan dilaksanakan kedua program ini, mutu dari madrasah lebih meningkat
sehingga kepercayaan masyarakat terhadap madrasah pun ikut meningkat. Kegiatan evaluasi diri
madrasah (EDM) ini dilakukan setiap tahunnya sebagai dasar pembuatan rencana kerja tahunan dalam
jangka pendek dan Rencana Kerja Empat Tahunan sebagai Rencana Jangka Menengah dalam satu
periode kepala madrasah. Selain itu EDM dan ERKAM ini juga sebagai modal madrasah untuk persiapan
menghadapi Visitasi Akreditasi.
Pelatihan Pengawasan Keuangan Desa Bagi Aparatur Daerah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepri, Sumbar, Sumsel
Pelatihan ini dirancang untuk membekali Auditor APIP sehingga memiliki pengetahuan terkait pengelolaan keuangan desa, sekaligus juga mampu melaksanakan penugasan konsultansi dimaksud. Siklus pengelolaan keuangan desa meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban keuangan desa. Perencanaan pembangunan desa dituangkan dalam RPJM-Desa dan RKP-Desa, sedangkan rencana keuangan tahunan pemerintah desa dituangkan dalam APBDesa. Dalam siklus tersebut, mencakup pelaksanaan dari wewenang dan tanggung jawab yang dimiliki oleh desa. Sehingga dalam praktiknya, aparatur pemerintah desa dituntut untuk dapat memahami dan mengelola keuangan desa dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Namun karena keterbatasan kualitas SDM yang dimiliki oleh pemerintah desa, maka APIP selaku pengemban fungsi pembinaan harus mampu memberikan konsultansi, misalnya dalam bentuk asistensi dan bimbingan teknis, agar keuangan desa dapat dikelola dengan baik, transparan, dan akuntabel.