UIDP – KSPD Kota Sabang Urban Sector Development Reform Project PHRD Grant TF-053555 – 19 september 2011

 

Rinci Narasi Deskripsi Proyek

Tujuan dari proyek ini adalah untuk menciptakan sebuah kota mandiri, mampu memberikan kesejahteraan rakyat di adil dan berkelanjutan. Menerapkan kota untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, regional dan global
 

Uraian Layanan Aktual Disediakan

– Perumusan Isu Strategis, terdiri dari enam aspek, a) Populasi dan sosial budaya, termasuk kemiskinan perkotaan, b) kota Ekonomi, Kota Keuangan, c) Tata Ruang kota, d) Penyelesaian dan Kota PSU (Prasarana Fasilitas Utility), e ) Lingkungan, perubahan iklim dan mitigasi bencana, f) Pemerintah dan pemerintahan institusional

– Perumusan tantangan yang dihadapi

– Perumusan Visi, Misi dan Tujuan

– Penyusunan Kebijakan dan Strategi Periode 2012-2024

– Penyusunan indikator dan sumber data

Logistik Service Provider untuk Bimbingan Teknis Penerapan EDM dan ERKAM bagi Tim Inti Madrasah di DKI Jakarta dan Banten

EDM dan ERKAM merupakan salah satu program kemenag yang digunakan untuk mengetahui keberadaan
dan kualitas madrasah, rencana kerja dan penggunaan anggaran yang dilaksanakan oleh madrasah
secara online. Diharapkan dengan dilaksanakan kedua program ini, mutu dari madrasah lebih meningkat
sehingga kepercayaan masyarakat terhadap madrasah pun ikut meningkat. Kegiatan evaluasi diri
madrasah (EDM) ini dilakukan setiap tahunnya sebagai dasar pembuatan rencana kerja tahunan dalam
jangka pendek dan Rencana Kerja Empat Tahunan sebagai Rencana Jangka Menengah dalam satu
periode kepala madrasah. Selain itu EDM dan ERKAM ini juga sebagai modal madrasah untuk persiapan
menghadapi Visitasi Akreditasi.

Penguatan Kapasitas Pengembangan Agribisnis Dan Pemanfaatan Teknologi Digital

Ruang Lingkup Pekerjaan :

  • Mengembangkan digital business model bagi petani;
  • Mengidentifikasi local champion;
  • Menyiapkan materi pelatihan terkait business model pertanian;
  • Melakukan ToT dan atau pelatihan tentang business model pertanian;
  • Melakukan mapping dan Value Chain Analysis;
  • Mengidentifikasi dan menghubungkan supplier, petani, pasar, mitra lokal;
  • Pengembangan closed loop business model;
  • Melakukan supervisi terhadap penerapan ICT bagi petani, termasuk sistem insentif;
  • Melakukan monitoring terhadap penerapan ICT bagi petani;
  • Melakukan alih teknologi (transfer of knowledge) kepada pemerintah daerah;
  • Melakukan sinkronisasi dan koordinasi pelaksanaan kegiatan dengan Penyedia ICT Komponen 4;
  • Membantu NPIU Ditjen Bina Pembangunan Daerah dan PPIU/KPIU Provinsi/Kabupaten dalam menjalankan tugas dan fungsinya yang berhubungan dengan program IPDMIP

Penyusunan dan Review Dokumen Panduan Pelaksanaan Fasilitasi Penguatan Ketangguhan Masyarakat

Ruang Lingkup Pekerjaan :

  • Melaksanakan kajian pustaka terhadap dokumen regulasi, pedoman/panduan dan modul terkait dengan pelaksanaan destana.
  • Mengkaji pembelajaran dan praktik-praktik baik pelaksanaan destana yang sudah ada dalam tautan https://katalogkesiapsiagaan.bnpb.go.id sebagai referensi dan masukan dalam penyusunan atau reviu dokumen panduan destana yang akan disusun.
  • Melakukan konsultasi dengan sejumlah pihak terkait untuk mendapatkan masukan terkait materi substansi dan format yang paling efektif.
  • Penyusunan Dokumen Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Penguatan Destana
  • Menyusun Instrumen Monitoring dan Evaluasi Destana.
  • Pembuatan video infografis untuk seluruh Modul-Modul Kegiatan Penguatan Destana dengan spesifikasi resolusi 1080p, durasi 10 menit.

Fasilitasi Penguatan Ketangguhan Masyarakat Wilayah 1 (Banten, Sumatra Barat, Lampung, dan Bengkulu)

Ruang Lingkup Pekerjaan :

  • Melakukan Fasilitasi penguatan ketangguhan Masyarakat di tingkat regional/provinsi , Desa/Kelurahandan Kab/Kota
  • Berkoordinasi dan bersosialisasi dengan pemerintah daerah provinsi , Pemerintah Desa dan Pemerintah Daerah Kab/kota
  • Melakukan rekrutmen Fasilitator Provinsi, Fasilitator Desa dan Fasilitator Kab/Kota
  • Melakukan ToT kepada Fasprov, Fasdes dan Faskab/Faskot
  • Mengadakan diskusi di tiap level kegiatan, pembentukan relawan penanggulangan bencana
  • Menyusun peta risiko berbasis masyarakat

Logistik Service Provider untuk Pengembangan Laporan Dianostik, Instrumen Literasi Membaca, Instrumen Literasi Social dan Budaya, Validasi Instrumen Literasi Membaca dan Validasi Instrumen Literasi Sosial Budaya

Ruang Lingkup Pekerjaan :

  • Melakukan koordinasi dengan Tim Teknis Kegiatan
  • Memastikan peserta Bintek menggunakan aplikasi event management dan budget management yang ditetapkan oleh PMU
  • Menyelenggarakan seluruh tahapan Bintek mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan dan pelaporan
  • Menyediakan kelengkapan pendukung untuk pelaksanaan Bintek
  • Menyediakan tools evaluasi penilaian untuk mengetahui tingkat keberhasilan Bintek
  • Menganalisa proses dan hasil pelaksanaan Bintek dan memberikan rekomendasi atas pelaksanaannya untuk kegiatan Peningkatan Kapasitas tahun anggaran selanjutnya.
  • Membuat pemberkasan laporan keuangan dan laporan teknis akademis hasil kegiatan..